Bagai Anda yang tinggal dikota Semarang tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan nasi kuning Semarang? Nasi kuning atau juga sering disebut sebagai nasi tumpeng ini merupakan sebuah nasi yang cetak berbentuk kerucut dengan dikeliling lauk pauk disekelilingnya. Karena ukurannya yang cukup besar sehingga nasi kuning bisa dinikmati bersama-sama dengan sanak keluarga ataupun teman dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat Mengenai Nasi Tumpeng dan Nasi Kuning Semarang

Layaknya seperti kehidupan sebelumnya. Segala sesuatu yang sudah terjadi nantinya akan menjadi sebuah sejarah. Sama halnya dengan nasi tumpeng atau nasi kuning Semarang ini sendiri, sebelum dikenal seperti sekarang ini, nasi kuning memiliki perjalanan yang panjang hingga bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Apakah Anda ada yang mengetahui bagaimana sejarah nasi kuning? Jika belum maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai.

Sejarah nasi kuning ini bermula dari sebelum islam masuk di Indonesia. Bagi masyarakat pada zaman dahulu, nasi tumpeng merupakan sesaji sebagai ucapan rasa hormat juga rasa syukur terhadap dewa-dewi. Bentuknya yang kerucut itu sendiri diambil dari bentuk gunung, karena bagi masyarakat zaman itu, dewa dewi bersemayam diatas gunung Mahameru. Dengan memberikan sesaji ini diharapkan bumi tetap aman terjaga dan rezeki terus lancar dan banyak alasan lainnya.

Kemudian setelah islam masuk di Indonesia, kebudayaan memuja dewa-dewi ini selanjutnya dimodifikasi. Meskipun hasil modifikasi namun tradisi dari kebudayaan leluhur tetap dijaga. Langkah ini diambil agar islam masuk dengan damai tanpa harus pertikaian. Namun yang membedakannya, bukan lagi sebagai pemujaan untuk dewa dewi, namun dijadikan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Setelah sejarah yang panjang tersebut, kini akhirnya nasi kuning Semarang bisa hadir ditengah-tengah masyarakat yang masih terus terjaga keaslian dan juga tradisi didalamnya. Meskipun zaman mulai berkembang secara masif, namun eksistensi dari nasi tumpeng tetap hidup dihati masyarakat. Malah inovasi dari nasi kuning itu sendiri memiliki kemajuan yang signifikan. Banyak lahir seseorang yang mengkreasikan nasi tumpeng dengan sangat cantik dan juga unik.

Selain dari pada itu, yang menjadikan nasi kuning Semarang tetap eksis juga dikarenakan banyak orang yang melestarikannya. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah dan sederhana. Yaitu dengan membuat sebuah lomba-lomba yang salah satunya mengkreasikan nasi tumpeng didalamnya. Kreasi nasi tumpeng sejenis ini meskipun terlihat sangat sederhana, namun efeknya sangat mendalam. Anak cucu kita masih bisa menikmati dan mengenal nasi kuning berkat dari pelestarian sejenis ini.

Pesan Nasi Kuning Semarang

Dengan demikian maka sebagai upaya untuk melestarikan sejarah dan untuk menjaganya. Banyak acara yang membutuhkan nasi kotak dengan isi nasi kuning. Di Semarang, kami menjadi produsen nasi box dengan ragam menu menarik terutama nasi kotak. Maka penting kiranya bagi Anda untuk memesan nasi kuning dalam rangka acara peringatan tertentu. Misalnya untuk syukuran, nasi hantaran, dan lain sebagainya. Bagaimana mulai tertarik? Jika Anda mulai tertarik, maka Anda bisa menghubungi kontak kami. Mengapa? Karena kami akan memberikan segala jenis keinginan Anda sesuai dengan pemesanan. Demikian informasi mengenai nasi kuning Semarang untuk Anda, semoga bermanfaat. Pesan di 0857.7458.4584

 

 


Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Chat via WhatsApp